Kumpul blog

15 Nov 2017

Cara memulai Membangun instalasi jaringan Rt/rw net

https://blogandel.blogspot.co.id/2017/11/cara-memulai-membangun-instalasi.html?m=1
Tower

Saat ini internet memang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua, bahkan kakek nenek ya. Hehe. Dengan kehadiran smartphone android memang mampu mendongkrak pengguna internet di seluruh dunia khususnya indonesia, mungkin di tahun 2009-2015 cara orang di indonesia masih banyak yang menggunakan sms dan panggilan telpon untuk media komunikasinya, tapi di tahun 2017 ini hampir semua orang sudah memiliki android.  
Walhasil kebutuhan bandwith pun semakin meningkat' dan para operator cell pun berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis paket data. Namun sayang sekali kebanyakan operator selular menjual paket kuota bukan paket unlimited' itu artinya penggunaan internet kita di batasi sesuai operator yang kita pakai. Beda dengan paket unlimited, dengan paket tersebut tentunya kita lebih leluasa dalam menggunakannya' terus bagaimana solusinya?
Solusinya cukup mudah, bagi yang rumahnya sudah terjangkau kabel fiber optick bisa berlangganan paket internet unlimited dari telkom, atau isp sejenisnya.
Tapi bagi rumahnya yang tidak terjangkau kabel fo akan saya kasih tau bagaimana caranya agar kita bisa menikmati internet tersebut di rumah kita. Oke langsung saja.

Peralatan yang di perlukan

Pertama-tama sebelum memulai, terbih dahulu kita siapkan semua peralatan yang kita perlukan' di antaranya adalah sebagai berikut
1. Antena wireless / akses point
2. Kabel lan
3. Router
4. Tower/pipa besi
5. Mikrotik
Perangkat-perangkat di atas tentunya banyak sekali jenis, merk dan harga yang berbeda, sebaiknya kita pilih bahan-bahan yang kita perlukan sesuai medan yang akan kita pasang. 

Cara pemasangan

Jika peralatan yang di butuhkan sudah lengkap, langsung saja kita mulai, pasang tiang antena dan akses point di ap utama (sumber internet) lalu akses point kita seting sebagai mode ap, mode ap berfungsi sebagai pemancar.
Setelah itu kita pasang lagi perangkat ap yang satunya di rumah kita. Namun di sini kita seting sebagai mode bridge atau client terserah kalian. Pasang juga mikrotik dan routernya. Jangan lupa askses point arahnya harus berhadapan, agar penerimaan sinyal bisa maksimal.
Perhatikan juga medannya' semakin banyak penghalang, seperti pepohonan dan bangunan, sinyal yang di terima akan semakin lemah, untuk mengatasi hal tersebut usahakan tiang antena setinggi mungkin. 
Saya bukan master teknik jaringan, saya cuma berbagi sedikit pengalaman yang sudah saya praktikan sendiri, dengan jarak cukup jauh ya 11,5km speed full 10mbps dari indihome berhasil saya tarik ke rumah. Yang lebih mengharukan lagi signal yang di dapat pun cukup memuaskan. Akses point yang saya gunakan waktu itu produk dari ubnt agm5hp.
Hati-hati dalam penggunaan frekuensi, jangan lupa ijin sama rt/rw perangkat desa, dan yang paling penting ijin sama negara, biar gak kena tilang.




5 comments: